Tips Merawat Kain Pashmina Agar Awet



Tips Merawat Kain Pashmina Agar Awet
Tips Merawat Kain Pashmina Agar Awet

Tips Merawat Kain Pashmina Agar Awet - Di kalangan wanita muslim Indonesia sekarang sangat familier dengan kain pashmina bukan? Kain jenis ini kerap dipakai untuk kerudung, atau dikenakan sebagai jilbab.  Jika mengenakan kerudung ini menimbulkan kesan menawan dan anggun. Pokoknya bisa dipakai untuk berbagai kesempatan baik cara santai, kuliah maupun resmi juga oke. 

Terkadang pahmina juga dipakai untuk  syal menutupi leher dan bahu agar tidak kedinginan. Benar kain ini meski teksturnya tipis tapi ternyata dapat dipakai sebagai penolak hawa dingin, dan angin malam. Rasanya  dikepala cukup hangat tapi tidak membuat kepanasan.

contoh kain pashmina Pakistan
contoh kain pashmina Pakistan


Asal  pashmina sebenarnya dari Pakistan dan Afganistan, terbuat dari benang wol domba. Pashmina dibuat secara tradisional yakni melalui proses tenun. Semuanya dilakukan secara tradisional dan manual. Awalnya polanya sederhana dan polos tanpa ada aksen pewarna.  Namun seiring perkembangan zaman, produk lokal ini mulai ada perubahan. Terutama setelah produksinya mengalami sentuhan modern. 

Sekarang pashmina sudah menjadi produk internasional, dipakai oleh berbagai kalangan, tak hanya kaum muslimah saja.  Selebritis Hollywood dan public figur pun turut menjadi trendsetter kain eksotis ini. Hingga akhirnya tiga tahun belakangan ini digemari kalangan remaja muslim Indonesia.
Namun untuk merawat pashimina butuh kehati –hatian tinggi agar barangnya awet dan warnanya tidak cepat pudar. Maklum saja  produk garmen dari timur tengah ini terbuat dari wol dan mudah rusak apabila terlalu lama direndam air sabun. 

Tips Merawat Kain Pashmina Agar Awet 
tips mencuci pashmina
tips mencuci pashmina 

  • Gunakan sedikit sabun 
Gunakan sabun deterjen secukupnya, kurang lebih satu senduk teh saja. selanjutnya direndam selama 15 menit.  Jangan lebih dari itu agar warna dan tekstur kain tidak rusak. 
  • Jangan dicuci dengan mesin cuci
Mencuci pashmina cukup dilakukan secara manual saja. tidak perlu dimasukan dalam mesin cuci bersama kain lain. 
  • Jangan dikucek terlalu keras
Cuci dengan tangan secara berlahan –lahan tapi jangan dikucek terlalu keras.  Apalagi disikat dengan sikat pencuci. Masalahnya dapat merusak kain.  Setelah itu dibilas dua kali saja. 
  • Jangan gunakan pengering tapi cukup diperas pakai tangan
Setelah dibilas jangan dimasukan mesin pengering, cukup diperas dengan tangan, hingga airnya berkurang.  
  • Jangan dijemur  di bawah sinar matahari langsung. 
Langkah terakhir jangan dijemur di bawah matahari langsung atau seharian di luar ruangan.  Kain ini cepat kering cukup dijemur selama dua jam saja, selanjutnya tinggal di angin –anginkan saja. tujuannya agar warna tidak cepat pudar.

Sekian dulu tips Merawat Kain Pashmina Agar Awet. Semoga bermanfaat.