Tips Merawat Baju Muslim Bahan Sutera

contoh baju muslim sutera
contoh baju muslim sutera 
 
 Tips Merawat Baju Muslim Bahan Sutera – Sutera merupakan jenis kain yang harganya paling mahal di antara  jenis tekstil lainna.  Kain ini dibuat dari benang kepompong ulat sutra.  Ulat –ulat ini dibudidayakan secara masal untuk diambil benangnya. Hanya saja tidak jumlah sangat terbatas dan proses pengolahan dari kepompong hingga menjadi selembar bahan halus ini cukup panjang dan rumit. Maka tak heran  material ini harganya cukup mahal.
contoh batik sutera muslimah
contoh batik sutera muslimah 

kreasi batik muslim remaja dari bahan sutra
kreasi batik muslim remaja dari bahan sutra

Selain itu karakter kain sutera sangat halus dan lembut di kulit, sangat disukai oleh banyak orang. Bahkan dulu di jaman pertengahan sutera lebih berharga dari pada sebongkah emas dan berlian sekali pun.  Kain ini sejak lama menjadi komoditas andalan masyarakat Asia dan Eropa.  Kini seiring pergantian zaman, industri fashion muslim Indonesia juga menciptakan busana muslim berbahan kain premium tersebut. 

Hanya saja kreasi  Baju Muslim Bahan Sutera masih sebatas bagian atasan saja. Seperti kemeja, batik sutera dan sebagainya. 
baju full dress
baju full dress

kebaya sutra
kebaya sutra 

Tapi ada juga desainer yang berani menciptakan busana terusan dari bahan sutera, agar lebih kuat dan awet dilapisi  kain pada bagian belakangnya.  

Tips Merawat Baju Muslim Bahan Sutera

Agar baju muslim bahan sutera tetap awet, maka perlu sedikit penangan khusus dalam mencuci  dan menyetrikanya. Berikut ini tips merawat baju sutera : 
  • Pencucian 

Butuh kehati-hatian dalam mencuci baju yang terbuat dari bahan sutra. Agar tidak rusak maka perlu penanganan khusus. Jangan membersihkan  dengan mesin cuci, gunakan saja  secara manual dengan tangan.  Pakai deterjen  dengan takaran sedikit saja. agar warna tidak luntur dan kain tidak rusak karena pengaruh bahan kimia.  Kucek secara pelan – pelan  agar serat tidak robek. 
  • Pembilasan 

Langkah selanjutnya adalah bilas dengan air bersih. Pakailah air dengan suhu ruangan.  Jangan terlalu hangat atau dingin. Bilas dua hingga tiga kali sampai sabun hilang. Jangan gunakan softener atau pengharum baju.  Sejatinya kain ini sudah lembut dan halus.  Jangan dikeringkan dengan mesin pengering, peras dengan tangan secara berlahan –lahan. 
  • Penjemuran 

Saat dijemur jangan langsung diterpa di bawah sinar matahari. Selain itu sebelum dijemur sebaiknya baju dibalik bagian dalam ditarik keluar.  Agar warna tidak luntur. Jemur  selama dua jam,  hingga setengah kering. Setelah itu di angin –anginkan di emperan rumah. 

Menyetrika
Saat menyeterika atur dengan suhu tidak terlalu panas. Atau pindahkan switch iron ke indicator silk / satin. 

Demikianlah sekilas informasi tentang Contoh Baju Muslim Bahan Sutera dan tips singkat cara merawatnya.